Selasa, 06 September 2016

MUTU PELAYANAN KEBIDANAN

     Mutu pelayanan kebidanan adalah yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang di satu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk, serta di pihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan.

Peran Bidan dalam meningkatkan mutu pelayanan kebidanan  meliputi :
  1. Bidan harus mengakui bahwa mereka berada diposisi utama untuk menganjurkan dan memelihara kualitas pelayanan kebidanan.
  2. Mencoba dan mengorganisasikan diskusi tentang mutu pelayanan kesehatan.
  3. Bidan harus mengerti managemen efektif baik dalam mengelola pelayanan kebidanan maupun memberi asuhan langsung pada ibu dan bayi sebagai dasar perbaikan mutu.
  4. Bidan harus setuju bahwa kualitas adalah bagian dari profesionalisme.
  5. Bidan harus berinisiatif mengambil posisi perencanaan pelayanan kesehatan.
  6. Bidan harus belajar, mengerti, dan bekerja untuk menghasilkan kualitas yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar