MUTU PELAYANAN KEBIDANAN
Mutu pelayanan kebidanan adalah yang menunjuk
pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang di satu pihak dapat
menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan
rata-rata penduduk, serta di pihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai
dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan.
Peran Bidan dalam meningkatkan mutu pelayanan kebidanan meliputi :
- Bidan harus mengakui bahwa mereka berada diposisi utama untuk menganjurkan dan memelihara kualitas pelayanan kebidanan.
- Mencoba dan mengorganisasikan diskusi tentang mutu pelayanan kesehatan.
- Bidan harus mengerti managemen efektif baik dalam mengelola pelayanan kebidanan maupun memberi asuhan langsung pada ibu dan bayi sebagai dasar perbaikan mutu.
- Bidan harus setuju bahwa kualitas adalah bagian dari profesionalisme.
- Bidan harus berinisiatif mengambil posisi perencanaan pelayanan kesehatan.
- Bidan harus belajar, mengerti, dan bekerja untuk menghasilkan kualitas yang bagus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar