Sabtu, 19 Maret 2016

selamat pagi sahabat midwife comunity...

hari ini saya akan membagikan info tentang manfaat tanaman apotik hidup bagi kesehatan...



Tanaman apotik hidup merupakan jenis tumbuhan yang merupakan hasil budidaya rumahan namun terbukti untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan serangan radikal bebas lainnya. Selain itu, tanaman apotik hidup memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami. 

Sejak jaman dahulu, masyarakat telah memanfaatkan berbagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Ternyata menurut penelitian, obat (ramuan) yang bersifat tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan dan kini penggunaannya semakin gencar karena lebih mudah dijangkau oleh masyarakat baik dari harga maupun ketersediaan bahannya.

Tanaman apotik hidup lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah, dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya serta membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.


Menurut beberapa penelitian, obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena tidak terlalu menyebabkan efek samping, lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan obat modern serta lebih aman. Bahkan banyak negara-negara maju yang sudah memproduksi obat tradisional dengan cara meramu obat itu sendiri. Mereka percaya bahwa ramuan tradisional memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan tidak menimbulkan efek yang membahayakan bagi kesehatan.

Dengan melonjaknya dan mahalnya obat-obatan buatan pabrik, maka kebanyakan dari kalangan masyarakat ekonomi ke bawah akan mencari sebuah alternatif untuk mendapat bahan obat namun dengan harga yang relatif murah. Hal ini juga didukung oleh pemerintah Indonesia untuk menggalakan masyarakat Indonesia agar menjadi lebih mandiri tanpa harus bergantungan pada obat-obatan kimia yang juga sangat berakibat fatal dengan efek samping yang diberikan oleh obat-obatan yang bersifat modern. Oleh karena itu, tanaman apotik hidup merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menjaga dan merawat kesehatan kita secara alami dengan tanpa adanya efek samping. 

Berikut ini tanaman-tanaman apotik hidup, yang bermanfaat bagi kesehatan : 


       

      Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari pembangunan nasional. Untuk terwujudnya tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri selain untuk dikonsumsikan, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman apotik hidup tersebut.

 

Tumbuhan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan, karena disamping sebagai sumber makanan juga dapat sebagai obat. Kadang-kadang untuk menyembuhkan suatu penyakit, penyakit tidak hanya dapat disembuhkan dengan pengobatan modern, tetapi juga dapat disembuhkan dengan menggunakan dari tanaman obat-obat berkhasiat. Tanaman apotik hidup, sangatlah penting dalam keluarga. Dengan menanam tanaman obat-obatan di pekarangan, selain dimanfaatkan untuk obat. Dapat juga ditata dengan baik sebagai penghias pekarangan. Dengan adanya tumbuhan tradisional dapat digunakan sebagai obat tradisional yang khusus diramu untuk digunakan sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. Oleh karena itu, budidaya tumbuhan obat tradisional perlu digalakkan oleh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah sehingga dapat memberikan manfaat terhadap dirinya, keluarga, dan masyarakat di daerah tersebut.

Sekian dulu yaa sahabat midwife comunity untuk artikel tentang manfaat tanaman apotik hidup... lain kali kita sharing info-info lagi... Terima kasih

Referensi
Mengenal lebih dekat mengenai apotik hidup. (Online) tersedia: www.manfaat.co.com diakses pada tanggal 16 Maret 2016
Agoes., Azwar. 2010. Tanaman Obat Indonesia. Jakarta: Salemba Medika
Hariana, H. Arief. 2006. Tumbuhan Obat & Khasiatnya. Jakarta: Swadaya
Raina. 2011. Ensiklopedi Tanaman Obat Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Absolut
http://pt.slideshare.net/achmadhandoko/tanaman-apotik-hidup diakses pada tanggal 20 Maret 2016

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar